Perda perubahan momenklatur Desa menjadi Kalurahan telah ditetapkan.

Kamis Wage, 26 September 2019 14:47 WIB ∼ 57

Bahwa dalam rangka melaksanakan ketentuan Pasal 24 ayat (1) Peraturan Daerah Istimewa Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kelembagaan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, maka kelembagaan Desa sebagaimana diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Desa perlu disesuaikan agar selaras dengan keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta, demikian yang tertulis dalam point menimbang pada Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 9 Tahun 2019 tentang Penetapan Kalurahan yang ditetapkan dan diundangkan pada tanggal 12 Agustus 2019.

Pada Bab I Pasal 1 disebutkan bahwa Kalurahan adalah sebutan Desa di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan kesatuan masyarakat hukum yang terdiri atas gabungan beberapa padukuhan yang mempunyai batas batas wilayah tertentu dan harta kekayaan sendiri, berkedudukan langsung di bawah kapanewon.

Selanjutnya pada bab tersebut nomenklatur kecamatan juga diganti menjadi Kapanewon. Selengkapnya disebutkan bahwa Kapanewon  adalah sebutan kecamatan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan bagian wilayah dari daerah Kabupaten dan merupakan perangkat daerah Kabupaten.

Untuk lebih jelasnya bisa mendownload perda tersebut di https://jdih.bantulkab.go.id/produk-hukum

 


Puskesmas
di Kecamatan Kretek

Puskesmas Kretek

Puskesmas Kretek

Jl.Parangtritis Km 21 Sruwuh, Donotirto, Kretek, Bantul
(0274) 368537

Komando Rayon Militer Kretek

Koramil / Komando Rayon Militer Kretek

Jl.Parangtritis Km 22 Donotirto, Kretek

Kepolisian Sektor Kretek

Polsek / Kepolisian Sektor Kretek

Jl. Parangtritis Km 27 Parangtritis, Kretek, Bantul
(0274) 367682

Kantor Urusan Agama Kretek

KUA / Kantor Urusan Agama Kretek

Punduhan Tirtomulyo, Kretek, Bantul
(0274) 368560