Apel Pagi plus motivasi dari tanah suci

Senin Pahing, 9 September 2019 09:42 WIB ∼ 79

Foto Berita

Hari ini Senin tanggal 9 September 2019 merupakan hari istimewa karena selain kita memperingati Hari Olahraga Nasional (HAORNAS), juga hari ini bertepatan dengan tanggal 9 Muharram 1441 H dimana sebagian Umat Islam sedang menjalankan puasa sunnah Tasu"a atau puasa di tanggal 9 Muharram. Puasa ini dilakukan mengiringi dengan Puasa Asyura yaitu tanggal 10 Muharram yang juga bertepatan dengan tanggal 10 September 2019. Keutamaan puasa tanggal 10 Muharram adalah dapat menghapus dosa setahun yang lalu sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Muslim. Selain itu dalam riwayat Imam Muslim yang lain juga disebutkan bahwa "Puasa paling utama setelah Ramadhan adalah (puasa bulan) Muharram dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam".(sekc)

Sedangkan puasa tanggal 9 Muharram dimaksudkan agar menyelisihi kebiasaan Umat Yahudi yang juga berpuasa pada tangga 10 Muharram. Selengkapnya dijelaskan dalam hadist sebagai berikut : "Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berpuasa pada hari Asyura dan memerintahkan orang agar berpuasa padanya, mereka berkata, 'Ya Rasulullah, ia adalah suatu hari yang dibesarkan oleh orang Yahudi dan Nasrani'. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, 'Jika datang tahun depan, insya Allah kita berpuasa juga pada hari kesembilan'. Ibnu Abbas berkata, 'Maka belum lagi datang tahun berikutnya itu, Rasulullah SAW pun wafat'." (HR. Muslim dan Abu Dawud ).

Apel pagi ini juga ada tambahan motivasi dari tanah suci dengan aktifnya kembali Kasi Pelayanan Kecamatan Kretek , Bapak H, Subari, S,Pd. yang telah berakhirnya masa cuti menunaikan ibadah haji. Beliau menyampaikan pengalaman spiritual dalam pelaksanaan ibadah haji yang benar-benar luar biasa, sehingga mendorong bagi bapak ibu yang sudah punya kemampuan agar segera berniat dan mendaftar mumpung masih diberikan kesempatan.


Puskesmas
di Kecamatan Kretek

Puskesmas Kretek

Puskesmas Kretek

Jl.Parangtritis Km 21 Sruwuh, Donotirto, Kretek, Bantul
(0274) 368537

Komando Rayon Militer Kretek

Koramil / Komando Rayon Militer Kretek

Jl.Parangtritis Km 22 Donotirto, Kretek

Kepolisian Sektor Kretek

Polsek / Kepolisian Sektor Kretek

Jl. Parangtritis Km 27 Parangtritis, Kretek, Bantul
(0274) 367682

Kantor Urusan Agama Kretek

KUA / Kantor Urusan Agama Kretek

Punduhan Tirtomulyo, Kretek, Bantul
(0274) 368560